Kompor

Cara Service Kompor Gas yang benar dan aman bisa dicek untuk dipahami

Banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan di Dapur. Salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan adalah memasak, karena dengan memasak bisa belajar banyak hal yang bisa menstimulasi panca indera, mulai dari perasa, penciuman, peraba, penglihatan dan pendengaran. Banyak sekali alasan untuk tidak mau belajar memasak salah satunya ketakutan terhadap api. Padahal banyak Kita tahu bahwa memasak tidak selalu memerlukan api, Ada begitu banyak bahan makanan yang mampu dijadikan makanan tanpa perlu proses terlebih dahulu.

Cara Memakai Kompor Gas
Lancar tidaknya proses memasak di dapur tak terlepas dari kinerja kompor gas. Adalah perlengkapan memasak yang berfungsi sebagai alat pengapian otomatis dengan tabung gas sebagai bahan bakarnya.

Kinerja dan kemampuan kompor modern pun bukan lagi hal baru, melainkan telah dikenal secara luas. Kendati demikian, terdapat beberapa pihak yang belum bisa menggunakan kompor dengan baik dan benar

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menggunakan Kompor Gas Terdapat beberapa hal yang seharusnya diperhatikan, guna mengkondisikan pemakaian kompor dengan aman dan nyaman. Apa sajakah itu? Simak berikut:

1. Cek kondisi kompor secara keseluruhan, guna memastikan tak ada masalah
2. Lihat volume gas di dalam tabung untuk memantau pemakaian gas
3. Pastikan permukaan kompor dalam keadaan bersih, jika pun kotor sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu
4. Siapkan peralatan masak yang digunakan dan olahan yang akan dimasak.

Cara Menggunakan Kompor Gas
Selepas segala persiapan fix, kompor pun bisa mulai untuk dinyalakan. Cara menyalakan kompor gas bisa dimulai dengan:
1. Tempatkan alat masak di atas kompor. Pastikan terjaga dengan baik dan seimbang, sehingga tidak terganggu
2. Nyalakan kompor dengan menekan tombol knob
3. Perhatikan nyala api kompor dan atur volume api gas sesuai kebutuhan
4. Matikan api kompor dengan segera, ketika aktifitas memasak sudah selesai.

Cara penggunaan kompor gas cukup mudah, bukan? Apalagi, petunjuk penggunaan kompor gas juga disertakan dalam pembelian. Karena dari cara pemakaian kompor gas yang benar memberikan sisi kenyamanan dan rasa aman.

Tak luput dari cara memakai kompor gas yang benar, pemilihan kompor dan perangkat lainnya pun juga harus diperhatikan. Cara pun mudah yakni dengan memprioritaskan kompor berstandar SNI, begitu pula dengan komponen kompor gas lainnya. Karena bagaimanapun juga, perangkat kompor yang berkualitas aman dan berstandar berpengaruh besar terhadap pemakaiannya. Dilanjut dengan cara menggunakan kompor gas yang benar guna mendapatkan pemakaian kompor yang nyaman, aman dan menyenangkan.

Cara Menghidupkan Kompor Gas
Sangatlah mudah untuk menggunakan kompor gas. Kompor modern dengan bahan bakar gas LPG dan gas butane untuk kompor portable. Cara menghidupkan kompor gas tersebut ialah:

Cara Menyalakan Kompor Gas Tanam, Top Plate Dan Freestanding
Cara menggunakan kompor gas model built in hob, kompor gas meja dan kompor gas oven freestanding sangat sederhana. Adapun langkah-langkahnya ialah:
1. Cek terlebih dahulu komponen kompor, dan pastikan dalam keadaan ok. Terutama isi tabung gas. Jika tinggal sedikit atau mau habis, baiknya segera diganti yang baru
2. Siapkan dan letakkan perabotan dapur yang digunakan untuk memasak di atas tungku kompor
3. Nyalakan pematik dengan memutar knob dan api akan keluar
4. Atur besar kecilnya nyala api dengan knob

Sangat simple, kan? Meskipun hanya memutar knob pematik saja, tetapi sangat penting untuk mengecek kompor sebelum digunakan. Tujuannya untuk memastikan bahwa kompor tidak ada masalah. Dari cara menyalakan kompor gas yang benar dan teliti bisa mencegah adanya hal-hal yang tidak diinginkan.

Cara Menghidupkan Kompor Gas Portable
Cara menggunakan kompor gas portable sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara menyalakan kompor gas lainnya. Hanya saja, tidak memerlukan selang regulator kompor karena gas kaleng langsung ditempatkan dan menempel pada kompor. Untuk lebih jelasnya, perhatikan langkah-langkah berikut:
1. Siapkan kompor portable dan tabung gas butane
2. Buka tabung gas kaleng lalu pasangkan pada tempat yang sudah disediakan. Beberapa kompor gas portable memiliki tutup yang harus dibuka terlebih dahulu
3. Pasang dan kunci dengan pengaman yang ada
4. Tutup kembali cover portable gas stove itu
5. Coba putar knob untuk memastikan api kompor yang menyala. Jika menyala, segera pasang perabotan yang digunakan.

Penggunaan kompor portable tak kalah praktisnya dengan kompor gas dapur. Hanya saja, portable gas stove digunakan di ruang terbuka, tapi juga di tempat yang aman dari panas maupun lembab. Cocok untuk digunakan ketika camping, out bond maupun acara hang out lainnya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

Copyright © 2021 by www.lemaribuku.com

To Top
close