Memahami Tentang E-commerce Transformasi Digital

Pengertian Transformasi Digital
Bagian dari proses teknologi yang lebih besar, dimana proses peralihan drastis proses bisnis konvensional ke proses bisnis yang serba digital. Transformasi digital juga merupakan perubahan yang berhubungan dengan penerapan teknologi digital dalam semua aspek kehidupan yang terdapat pada masyarakat.

Transformasi digital dicirikan adanya pemanfaatan teknologi terkini seperti kecerdasan buatan dan big data. Contoh implementasi transformasi digital adalah pemanfaatan kecerdasan buatan untuk percepatan perizinan Mengapa transformasi digital diperlukan? Dengan kemajuan zaman, proses bisnis yang kurang praktis dengan biaya tinggi tidak akan lagi mampu bersaing. Anda dituntut untuk menjalankan proses bisnis yang efisien, produktif, cepat dan bujet sedikit. Semua tantangan ini dapat dijawab oleh transformasi digital.

Sejarah Transformasi Digital
Meskipun teknologi komputer telah ada selama beberapa dekade, konsep transformasi digital relatif baru. Konsep ini hadir pada 1990-an dengan diperkenalkannya internet mainstream. Sejak itu, kemampuan untuk mengubah bentuk tradisional media (seperti dokumen dan foto) menjadi satu dan nol telah memudar di tengah pentingnya hal yang dibawa oleh teknologi digital kepada masyarakat. Hari ini, digitalisasi menyentuh setiap bagian dari kehidupan kita, memengaruhi cara kita bekerja, berbelanja, bepergian, mendidik, mengelola dan hidup.

Praktik transformasi digital biasanya digunakan dalam konteks bisnis. Pengenalan teknologi digital telah memicu penciptaan model bisnis baru dan aliran pendapatan. Teknologi yang muncul seperti kecerdasan buatan (AI), cloud computing dan Internet of Things (IoT) mempercepat transformasi, sementara teknologi dasar seperti manajemen data dan analitik diperlukan untuk menganalisis sejumlah besar data yang dihasilkan dari transformasi digital.

Transformasi digital bukan hanya tentang teknologi. Itu terjadi di persimpangan orang, bisnis dan teknologi dan dipandu oleh strategi bisnis yang lebih luas. Sukses hadir ketika organisasi dapat secara efektif menggunakan data yang dibuat oleh atau melalui teknologi dengan cara yang memungkinkan perubahan bisnis terjadi secara dinamis.

Penyatuan Transformasi Digital
Mempekerjakan orang berbakat hanyalah awal. Struktur dan budaya organisasi sama pentingnya dalam keberhasilan proyek transformasi. Strategi bisnis yang tepat dapat mendorong digitalisasi proses internal dan pengembangan model bisnis baru. Teknologi baru seperti AI (Artificial Intelligence) dan IoT (Internet of Things), serta teknologi dasar seperti manajemen data dan analitik.

Bagaimana kecerdasan buatan digunakan:
Setiap industri memiliki permintaan yang tinggi akan kemampuan AI khususnya sistem penjawab pertanyaan yang dapat digunakan untuk bantuan hukum, pencarian paten, pemberitahuan risiko dan penelitian medis. Penggunaan lain AI mencakup:

a. Layanan Kesehatan: Penerapan AI dapat memberikan pengobatan dan pembacaan sinar X yang dipersonalisasikan. Asisten layanan kesehatan pribadi dapat bertindak sebagai pelatih hidup, yang mengingatkan Anda untuk minum pil, olahraga, atau makan lebih sehat.
b. Retail: AI menyediakan kemampuan belanja virtual yang menawarkan rekomendasi yang dipersonalisasi dan mendiskusikan opsi pembelian dengan konsumen. Pengelolaan stok dan teknologi tata letak situs juga akan meningkat dengan AI.
c. Manufacture: AI dapat menganalisis data IoT pabrik saat mengalir dari peralatan yang terhubung untuk memperkirakan beban dan permintaan yang diharapkan menggunakan jaringan berulang, jenis jaringan pembelajaran mendalam tertentu yang digunakan dengan data urutan.
d. Perbankan: Kecerdasan Buatan meningkatkan kecepatan, presisi, dan keefektifan upaya manusia. Dalam lembaga keuangan, teknik AI dapat digunakan untuk mengidentifikasi transaksi mana yang kemungkinan merupakan penipuan, mengadopsi pemberian skor kredit yang cepat dan akurat, serta mengautomasi tugas-tugas pengelolaan data yang tajam secara manual.

Transformasi Digital untuk UMKM
Mengubah Bisnis Kecil dan Menengah. Di seluruh industri, bisnis kecil dan menengah melihat manfaat besar dari merangkul transformasi digital seperti rekan-rekan mereka yang lebih besar. Cloud, analitik canggih dan otomatisasi adalah beberapa teknologi teratas yang mereka gunakan untuk mencapai tujuan mereka dalam menarik dan mempertahankan pelanggan baru, merampingkan operasi dan merespons harapan baru.

Organisasi yang berhasil dengan upaya transformasi digital dengan menggeser pola pikir, strategi dan budaya mereka untuk mengimbangi perubahan kebutuhan dapat mencapai hasil seperti: Pengalaman Digital Terlibat Operasi Digital Innovasi Digital.

About Is

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *