E-commerce

Pelaporan informasi dari klien dan enterprise dalam E-commerce

Suatu bentuk penyajian dari suatu fakta mengenai suatu keadaan ataupun suatu kegiatan dan pada dasarnya suatu fakta yang disajikan itu adalah tanggung jawab yang ditugaskan kepada si klien dan enterprise atau sebaliknya.

Sedangkan fakta yang disajikan adalah bahan ataupun keterangan dari informasi yang dibutuhkan dan berdasarkan dari suatu objektif yang dialaminya sendiri oleh si pelapor atau dilihat, didengar, dirasakan sendiri dan ketika si pelapor telah melaksanakan kegiatan ataupun suatu kegiatan.

Didalam Pelaporan Informasi tentu terdapat fungsi yang dimiliki, apa saja fungsi yang dimiliki dari sebuah pelaporan mari kita bahas di bawah ini:
a. Sebagai bahan untuk pertanggungjawaban
b. Sebagai alat untuk menyampaikan informasi
c. Sebagai alat pengawasan
d. Sebagai bahan penilaian
e. Sebagai bahan pengambilan keputusan

Sistem pembayaran domestik dan internasional Secara garis besar Sistem pembayaran domestic dan international dibagi menjadi dua jenis, yaitu Sistem pembayaran tunai dan Sistem pembayaran non-tunai. Perbedaan mendasar dari kedua jenis sistem pembayaran tersebut terletak pada instrumen yang digunakan.

Pada sistem pembayaran tunai instrumen yang digunakan berupa uang kartal, yaitu uang dalam bentuk fisik uang kertas dan uang logam, sedangkan pada sistem pembayaran non-tunai instrumen yang digunakan berupa alat pembayaran menggunakan kartu (APMK), Cek, Bilyet Giro, Nota Debit, maupun uang elektronik.

Komponen system pembayaran sebagai berikut:
1. Regulator berwenang mengatur aturan main, ketentuan dan kebijakan yang mengikat seluruh komponen sistem pembayaran
2. Penyelenggara adalah lembaga yang memastikan penyelesaian akhir dari seluruh transaksi yang terjadi di penggunanya
3. Infrastrukur adalah sarana fisik yang mendukung operasional sistem pembayaran
4. Instrumen adalah alat pembayaran baik tunai maupun non-tunai yang disepakati oleh para pengguna dalam melakukan transaksi
5. Pengguna adalah konsumen yang memanfaatkan sistem pembayaran

Masing-masing sarana atau instrumen pembayaran ini dapat dibedakan berdasarkan karakteristik-karakteristik tertentu. Menurut Sheppard (1996), sarana atau instrumen pembayaran mempunyai tiga karakteristik utama, yaitu bentuk fisik, sistem pengamanan dan basis pembayaran.

Berdasarkan fisiknya, sarana atau instrumen dalam sistem pembayaran dapat berupa:
1. Warkat atau dokumen, seperti cek, bilyet giro, nota debet, nota kredit dan sebagainya
2. Kartu, seperti kartu kredit, kartu debet, kartu ATM, smart card dan sebagainya atau
3. Tanpa fisik melalui internet atau telepon

Newsgroup Suatu tempat penyimpanan yang biasanya dipakai oleh usenet (sistem diskusi internet yang tersebar) untuk berbagai pesan yang dikirimkan dari banyak pengguna pada lokasi-lokasi yang berlainan. Kadang istilah ini membingungkan, sebab kebanyakan orang memakai newsgroup untuk diskusi kelompok. Perangkat lunak yang dipakai untuk membaca newsgroup yaitu Newsreader.

Atau definisi dari newsgrup yang lain adalah suatu aplikasi di internet yang dipakai untuk saling berkomunikasi satu sama lain di dalam sebuah forum. Biasanya, anggota newsgroup memiliki kepentingan serta ketertarikan yang sama untuk membahas tema atau topik tertentu. Newsgroup dapat dianggap juga sebagai bulletin board, yang dimana setiap orang bebas memberikan pendapatnya untuk dibaca orang lain yang tergabung di dalam kelompok tersebut.

Hirarki yang paling dikenal pada news group yaitu:
1. comp.* = Diskusi dengan topik yang ada berhubungan dengan komputer
2. news.* = Diskusi yang digunakan seputar usenet
3. sci.* = Diskusi yang berkaitan dengan topik ilmiah
4. rec.* = Diskusi tentang aktivitas yang berkaitan dengan rekreasi (misalnya seperti game dan hobi) soc.* = Diskusi tentang topik sosial
5. talk.* = Diskusi mengenai persoalan yang dapat diperdebatkan misalnya seperti polotik
6. misc.* = Diskusi untuk topik yang beragam, yang tidak termasuk kedalam hirarki diatas
7. humanities.* = Digunakan untuk diskusi dengan topik yang berkitan dengan filsafat, literatur dan sebagainya

On-line Shopping Suatu proses pembelian barang atau jasa dari mereka yang menjual barang atau jasa melalui internet dimana antara penjual dan pembeli tidak pernah bertemu atau melakukan kontak secara fisik yang dimana barang yang diperjualbelikan ditawarkan melalui display dengan gambar yang ada di suatu website atau toko maya. Setelahnya pembeli dapat memilih barang yang diinginkan untuk kemudian melakukan pembayaran kepada penjual melalui rekening bank yang bersangkutan. Setelah proses pembayaran di terima, kewajiban penjual adalah mengirim barang pesanan pembeli ke alamat tujuan.

Dalam Online shop terdapat tingkatan-tingkatan dalam pengoperasian online shop, yaitu :
1. Pengertian Suplier: Supplier adalah pihak yang menyediakan, menyalurkan dan memasarkan suatu produk tertentu
2. Pengertian Reseller: Reseller adalah orang atau pihak yang menjual kembali produk orang lain atau supplier dimana reseller ini berdiri sendiri atau bukan merupakan pegawai dari si supplier
3. Pengertian dropshipper: Dropshipper tidak melakukan stock barang, mereka hanya memamerkan atau memajang gambar/foto kepada calon pembeli. Jika ada yang mau membelinya, maka barang dikirim dari supplier ke konsumen secara langsung, namun atas nama dropshipper

Beberapa keuntungan dropshipper, yaitu:
– Dropshipper mendapat untung atau fee atas jasanya memasarkan barang milik
– Tidak membutuhkan modal besar untuk menjalankan sistem ini
– Sebagai dropshipper, Anda tidak perlu menyediakan kantor dan gudang barang
– Dapat terbebas dari beban pengemasan dan distribusi produk

Sejarah dan Perkembangan E-Commerce
1. Sejarah E-commerce pertama kali diperkenalkan pada tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website)

Beberapa sejarah dalam E-Commers:
a. 1970-an: inovasi seperti electronic funds transfer (EFT) dana dikirim secara elektronis dari satu organisasi ke organisasi lain (terbatas di kalangan perusahaan besar)
b. electronic data interchange (EDI)— media transfer dokumen rutin elektronis (terjadi perluasan penggunaan termasuk perusahaan manufaktur, ritel dan pelayanan)
c. interorganizational system (IOS)—travel reservation systems dan stock trading

2. Berkembang menjadi suatu aktivitas yang mempunyai istilah yang lebih tepat perdagangan web atau pembelian barang dan jasa melalui World Wide Web melalui server aman (HTTPS), protokol server khusus yang menggunakan enkripsi untuk merahasiakan data penting pelanggan

3. Perdagangan elektronik telah berubah sejalan dengan waktu. Awalnya, perdagangan elektronik berarti pemanfaatan transaksi komersial, seperti penggunaan EDI untuk mengirim dokumen komersial seperti pesanan pembelian atau invoice secara elektronik.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Copyright © 2021 by www.lemaribuku.com

To Top