Kebijakan dan Strategi Pemasaran

Peluang yang tersedia dalam m-commerce
a. Pembayaran selular menjadi komponen penting dari mobile commerce. Biasanya pembayaran yang digunakan dapat dilakukan melalui ponsel atau tablet secara langsung. Layanan pembayaran seperti m-banking dan internet banking akan membantu proses pembayaran dengan cepat.
b. Mobile banking Mobile banking juga merupakan komponen mobile commerce. Transaksi tidak hanya dilakukan dengan pembayaran seluler saja namun, mobile commerce juga mengoptimalkan pembayaran dengan menggunakan telepon seluler melalui aplikasi mTan. Bila Anda ingin mengetahui tentang mTan, maka sebaiknya segera menggunakan mobile commerce untuk bisnis online.
c. Iklan selular Komponen mobile commerce selanjutnya, yaitu ada iklan selular. Semua iklan selular dibuat dan dikendalikan dengan menggunakan program paling populer, yaitu Google Adwords. Program iklan selular yang biasa digunakan untuk memasarkan produk melalui mobile commerce, yaitu berupa pemasaran iklan banner, teks, sms, dan masih banyak lagi lainnya. Menggunakan semua layanan iklan selular akan membuat mobile commerce makin baik.
d. Reservasi dan pemesanan Komponen penting mobile commerce selanjutnya, yaitu ada layanan reservasi dan pemesanan. Mobile commerce yang digunakan oleh sebuah perusahaan tertentu ada yang dikemas untuk menyediakan layanan reservasi dan layanan pemesanan apapun. Misalnya reservasi tempat makan, booking tiket online dan lainnya.

Bagaimana kita bersaing dalam ekonomi digital?
a. Memanfaatkan Teknologi Seperti namanya ‘era digital’ maka wajib memanfaatkan teknologi dalam strategi bisnis. Karena seperti yang kita tahu, dunia digital dan teknologi tidak dapat dipisahkan keberadaannya. Apalagi di zaman modern seperti sekarang.
b. Gunakan Social Media Indonesia memiliki banyak pengguna sosial media seperti Twitter, Instagram, Facebook, Bbm, Line dan sebagainya. Karena itu social media dapat dijadikan alat dalam strategi bisnis. Social media dapat terapkan langsung melalui strategi pemasaran usaha. Selain murah, cara penggunaannya pun mudah. Tidak perlu memiliki keahlian khusus untuk menggunakan social media tetapi cukup
dengan memasarkan produk atau jasa saja. Dapat memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan untuk membuat konten yang menarik.
c. Menggunakan Digital Marketing Selain social media, juga dapat menerapkan digital marketing. Digital marketing adalah aktivitas promosi sebuah brand ataupun produk atau jasa menggunakan media elektronik atau digital. Jika tidak bisa menggunakan
digital marketing, dapat menggunakan jasa perusahaan e-commerce yang menjual jasa digital agency yang dapat membantu mengembangkan bisnis. Adapun teknik pemasaran dalam digital marketing seperti search engine optimization (SEO), billboard eletronik, iklan televisi dan radio, email marketing dan lainnya.
d. Mobile Friendly Tingginya jumlah pengguna smartphone dan produk gadget lainnya juga perlu dperhatikan. Perlu menyesuaikan strategi pemasaran dengan tampilan yang mobile friendly. Sehingga akan lebih banyak orang yang melihat toko online . Untuk menjaring banyak pengunjung yang menggunakan smartphone, maka website juga harus didesain sesuai dengan smartphone yang dimiliki banyak orang. Caranya tentu saja dengan membuat website menjadi mobile friendly. Kemudian, aturlah informasi yang ada dalam website menjadi selalu update, menarik, dan memiliki tampilan yang fresh.
e. Menggunakan Aplikasi Selain aplikasi social media, sekarang juga banyak tersedia aplikasi-aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu pekerjaan. Misalnya saja aplikasi akuntansi, aplikasi pembukuan, aplikasi e-commerce, aplikasi administrasi dan lainnya. Aplikasi-aplikasi yang ada juga perlu anda manfaatkan dalam pengelolaan usaha Anda. Dengan menggunakan aplikasi, Anda dapat menghemat
biaya, waktu, dan juga tenaga. Selain itu, aplikasi-aplikasi tersebut juga memberikan kenyamanan dalam penggunaannya.
f. Inovasi Inovasi juga merupakan bagian penting dalam strategi bisnis Anda akan maju ke depan. Seperti yang diketahui bahwa dunia bisnis sangat cepat berubah, hampir setiap harinya ada saja sebuah trend baru.
g. Memberikan pelayanan terbaik Tidak ada yang lebih berharga dalam dunia bisnis dibandingkan dengan memenuhi kebutuhan konsumen. Meskipun, dalam dunia digital juga harus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Jika Anda dapat memanfaatkan peluang maka sebenarnya dapat memberikan layanan pelanggan yang lebih baik dengan biaya yang terjangkau dengan menggunakan media digital.

Apa perubahan organisasi akan dibutuhkan? Perubahan adalah hal yang biasa terjadi dalam sebuah organisasi. Perubahan
mengandung makna beralihnya keadaan sebelumnya menjadi keadaan setelahnya. Perubahan dalam organisasi merupakan tindakan beralihnya suatu organisasi dari kondisi yang berlaku saat ini ke kondisi yang akan datang guna meningkatkan efektivitas.
Perubahan dalam organisasi merupakan isu penting dalam suatu perusahaan, perubahan dapat memberikan kesempatan bagi organisasi untuk meningkatkan kinerja dari yang sebelumnya. Banyak hal yang dapat menjadi penyebab sebuah organisasi akan berubah, diantaranya adalah karena perusahaan perlu untuk merespon terhadap lingkungan bisnis yang selalu berubah.

Tinggalkan komentar