Pengembangan kepribadian dan pengantar manajemen

Manjemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan. Berikut ini contoh perilaku individu dan masyarakat yang berhubungan dengan kecerdasan berpikir dan bertindak : Melakukan kerja kelompok, menyelesaikan soal ujian.
Saat ini kecerdasan apa yang perlu dimiliki oleh bangsa Indonesia agar bisa memanfaatkan bonus demografi pada tahun 2025. Masyarakat Indonesia harus dipersiapkan sejak dini agar mampu menghadapi berbagai kondisi yang akan dialaminya dimasa depan termasuk kondisi terburuk, tentu kita tidak dapat menolak kompetisi global sebagai suatu kemutlakan. Para remaja yang sekarang duduk dibangku SMP dan SMA harus mulai difasilitasi untuk mengembangkan kecerdasan yang lain, misalnya dengan kemampuan dalam memainkan alat musik, berbahasa asing, memainkan berbagai kesenian daerah, menulis, berwirausaha, Photographer dan sebagainya sesuai dengan minat dan bakatnya yang dapat membantunya dalam kehidupan kelak serta mengurangi potensi menjadi pengangguran yang akan
membebani negara.

Pengertian etika manajemen adalah prinsip dan nilai moral yang membangun perilaku seseorang atau sebuah kelompok yang berhubungan dengan benar dan salah. Faktor eksternal makro yang mempengaruhi analisis lingkungan. Ekonomi, teknologi, politik hukum dan sosial budaya. Berikut ini manfaat dari corporate social responsibility (CSR) :
a. Kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan meningkat.
b. Tersedianya beasiswa bagi anak yang kurang mampu yang berada di sekitar perusahaan.
c. Fasilitas umum terjamin pemeliharaannya.
d. Terdapat kegiatan sosial berupa pembangunan fasilitas umum bagi masyarakat sekitar perusahaan.

Sedangkan manfaat CSR bagi pihak perusahaan antara lain:
a. Citra perusahaan akan meningkat
b. Perusahaan memiliki kesempatan lebih besar untuk dapat bekerja sama dengan perusahaan lain
c. Brand merek perusahaan akan lebih kuat di mata masyarakat setempat
d. Memiliki kekhasan apabila dibandingkan dengan perusahaan lain

Bagamana manfaat tanggung jawab perusahaan terhadap pemerintah. Memiliki partner dalam menjalankan misi sosial dari pemerintah dalam hal tanggung jawab sosial. Pemerintah pada akhirnya tidak hanya berfungsi sebagai wasit yang menetapkan aturan main dalam hubungan masyarakat dengan dunia bisnis, dan memberikan sanksi bagi pihak yang melanggarnya. Pemerintah sebagai pihak yang mendapat legtimasi untuk mengubah tatanan masyarakat agar ke arah yang lebih baikakan mendapatkan partner dalam mewujudkan tatana masyarakat tersebut. Sebagian tugas pemerintah dapat dilaksanakan oleh anggota masyarakat, dalam hal ini perusahaan atau organisasi bisnis.

Sebutkan program corporate social responsibility (CSR) dari salah satu perusahaan yang terkenal.
PT Freeport Indonesia (PTFI) adalah perusahaan pertambangan di Indonesia yang merupakan afiliasi dari Freeport McMoRan Copper and Gold Inc. (FCX).Sebagai salah satu produsen tembaga dan emas terkemuka di dunia, kami menyadari pentingnya menyediakan logam-logam esensial ini untuk kebutuhanekonomi masa kini.Memiliki kewajiban untuk melaksanakan hal tersebut selaras dengan tanggung jawab sosial dan korporat kami untuk menjamin kehidupan generasi yang akan datang.Implementasi program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Freeport Indonesia (PTFI) dengan cara Mendukung Peningkatan Kehidupan Masyarakatdi Bidang Pendidikan, Kesehatan dan Lingkungan.Freeport Peduli juga berusaha ikut membantu para korban bencana alam di Indonesia. Manajemen, karyawan dan para duta (Champion) Freeport Peduli bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk menjalankan program-program tersebut sejak tahun 2010.
PT. ASTRA INTERNATIONAL
perusahaan ini menerapkan CSR pada 3 bidang saja, yaitu : pengembangan masyarakat, pendidikan dan pelestarian lingkungan. Maka dari itu perusahaan PT. Astra International harus meningkatkan lagi program CSRnya agar dapat meningkatkan bantuan-bantuan sosialnya terhadap masyarakat.

SOAL JAWAB
Apa yang dimaksud dengan pengambilan keputusan? Sebagai suatu proses penilaian dan penentuan pilihan.
Keterampilan apa saja yang harus dimiliki oleh seorang pembuat keputusan? Sebutkan tipe-tipe keputusan yang anda ketahui. Keterampilan kognitif, Keterampilan menghimpun dan mengolah data, Keterampilan komunikasi, Keterampilan mempengaruhi, Keterampilan managerial.
Sebutkan tipe-tipe keputusan yang anda ketahui? Keputusan-keputusan yang diprogram, Keputusan-keputusan yang tidak diprogram.
Jelaskan secara singkat proses pengambilan keputusan. Pertama identifikasi masalah terlebih dahulu, lalu buat perumusan tujuan untuk memecahkan masalah. Tahap selanjutnya ketika sudah mendapatkan inti permasalahan tersebut kita buat alternative solusi. Setelah didapat solusinya langkah yang terakhir kita buat keputusan.
Keputusan apa yang anda akan ambil jika anda sebagai seorang pembuat keputusan (decision maker) ketika terjadi penuntutan kenaikan upah? Saya akan mempertimbangkan betapa pentingnya orang tersebut bagi saya, tim saya dan bagi perusahaan. Lalu saya bicarakan kepada atasan dan bagian SDM apakah saya adil dan orang tersebut pantas dinaikan gajinya.
Jelaskan pengertian desain pekerjaan, Suatu proses dimana manajer memutuskan tugas pekerjaan individu maupun wewenangnya.
Sebutkan elemen desain pekerjaan, Elemen desain pekerjaan terbagi menjadi 3 yaitu : elemen organisasional, elemen lingkungan, elemen–elemen keprilakuan .
Jelaskan rotasi pekerjaan dalam teknik desain pekerjaan, mempermudah seorang pegawai secara sistematis berpindah dari satu posisi ke posisiatau pekerjaan yang lainnya di dalam organisasi, dengan ini dapat menjadikan pegawai tidak merasa bosan dan akan mengetahui pekerjaan yang telah dilalui.
Apa perbedaan analisis jabatan dengan deskripsi jabatan.
Analisis jabatan : merupakan suatu aktivitas untuk mengkaji,mempelajari, mengumpulkan, mencatat dan menganalisis ruang lingkup suatu pekerjaan secara sistematis dan sistemik.
Deksripsi jabatan : merupakan hasil pertama dari analisis jabatan. Dapat diartikan juga sebagai suatu statement yang teratur dari berbagai tugas dan kewajiban suatu jabatan tertentu.
Apa yang dimaksud dengan pemekaran jabatan Pekerjaan ini diperluas sampai pada tingkat dimana bagian yang berkaitan erat dansaling mendukung diselesaikan oleh seorang pegawai atau bagian

Leave a Comment