Pengembangan Kepribadian

Ada beberapa prinsip-prinsip pengembangan manusia pada umumnya 2 dari prinsip-prinsip yang ada : Pengembangan merupakan proses yang tidak pernah berhenti (Never Ending Process) proses perkembangan berlangsung secara berkelanjutan dan berhenti ketika jiwa terpisah dengan raga. Semua aspek perkembangan saling mempengaruhi. Setiap aspek perkembangan individu, baik fisik, emosi, intelegensi maupun sosial, satu sama lainnya saling mempengaruhi.

Ada 3 faktor yang menentukan perkembangan kepribadian. Faktor mana yang paling dominan! Interaksi antara Bawaan serta Lingkungan Interaksi bawaan merupakan bawaan sejak lahir yang berasal dari kedua orang tuanya dan tidak dapat direkayasa. Sedangkan dari Lingkungan adalah keluarga yang mengasuh dan membesarkan anak, sekolah tempat mendidik, masyarakat tempat anak bergaul juga bermain sehari-hari.

Soal jawab
1. Setelah anda mempelajari personal brand yang berkaitan dengan citra diri, personal brand seperti apa yang anda ingin bangun terhadap citra diri anda sendiri? Saya akan menanamkan citra diri yang positif memiliki sifat yang netral, jujur, sebagai orang yang terbuka, ramah, dan suka membantu.
2. Personal brand juga berlaku terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara. Bagaimana dengan pembangunan brand negara kita? Jelaskan pendapat anda! Menurut saya pembangunan brand di Indonesia sudah baik. Bahkan beberapa brand produk indonesia kini telah Masuk ke dalam penilaian global, tapi akan lebih baik lagi jika pemerintah dan masyarakat selalu mendukung pembangunan brand Indonesia, agar brand diindonesia yang belum mampu bersaing dipasar internasional dengan basis kemajuan teknologi globalisasi dengan itu membawa ekonomi Indonesia menjadi lebih baik.
3. Nilai berkaitan dengan keyakinan, kesukaan, passion yang dimiliki dan menjadi pegangan atau prinsip hidup. Mengapa nilai sangat penting bagi kehidupan setiap manusia? Karena nilai merupakan sesuatu yang tumbuh dalam diri seseorang sehingga dapat membentuk suatu karakter dan berperan besar dalam setiap keputusan perilaku yang dikerjakan. Ketika seseorang berperan teguh pada nilai yang dimilikinya maka apapun yang dilakukan akan mencerminkan dirinya.
2. Keahlian apa yang harus dikuasai dan sangat relevan dengan era milenial saat ini, jelaskan!
Dapat menguasai teknologi digital, edukasi dan bisnis karena kita memasuki zaman yang serba digital. Hampir semua aspek kehidupan bergantung pada ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Kita tidak boleh melawan arus zaman melainkan harus mengikutinya karena jika tidak, maka kita akan jatuh ke jurang “ketinggalan zaman” atau “terbelakang”. Jadi kita bisa belajar tidak melalui sekolah saja, sekarang dengan mudahnya untuk mengakses berbagai ilmu. Di era digital ini bisnis pun dengan mudah melalui internet, seperti e-commerce dan lain-lain. Dan semakin berkembangnya zaman, kita melekat sekali dengan teknologi, jangan sampai kita buta teknologi.
3. Prestasi adalah legacy yang merupakan kenangan atau warisan sehingga menjadi teladan contoh bagi hasil kerja. Sebagai mahasiswa dan warga negara, legacy apa yang anda ingin bangun?
Saya ingin membangun legacy menjadi pribadi yang berakhlak baik. Kualitas diri, integritas moral, Motivasi belajar yang luar biasa, komitmen (punya tanggung jawab melanjutkan studi dan lulus tepat pada waktunya), memiliki strategi belajar yang pas dengan kemampuannya, dan yang terpenting lagi adalah mutakhir (mampu menyesuaikan diri dengan wawasan perkembangan global.

Contoh jawaban studi kasus dari Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis
1. Masalahnya adalah
Dari limbah Pabrik Tebu Tasik Madu ini secara tidak sengaja Direktur PG Tasik Madu melihat fenomena dimana sepanjang aliran sungai yang terkena limbah PG Tasik Madu terdapat rumput dan semak belukar yang tumbuh subur. Direktur PG Tasik Madu menduga bahwa limbah yang dihasilkan oleh PG Tasik Madu mengandung kompos yang cukup tinggi, dan dapat menjadi sebuah produk baru yang bernilai ekonomi tinggi. Setelah dilakukan penelitian benar adanya bahwa limbah tersebut dapat dibuat menjadi pupuk kompos.
Direktur PG Tasik Madu berani memproduksi pupuk kompos tersebut untuk di jual secara komersial kepada para petani padi dan petani tebu yang berada didaerah solo dan sekitarnya, tentunya juga untuk dipakai di perkebunan PG Tasik Madu itu sendiri. Dan respon dari para petani itu cukup baik, selama kurang lebih 4 tahun sekitar 70% para ptani beralih mengunakan produk pupuk kompos buatan PG Tasik Madu dan merambah ke para petani di Jawa Timur.
2. Akar masalahnya
Adanya permintaan pupuk kompos tersebut yang terus meningkat karena itu PG Tasik Madu kewalahan dan hampir tidak sanggup untuk memenuhi permintaan pelanggan. Bahkan sampai ada wacana untuk menutup atau menyetop pembuatan pupuk kompos tersebut agar tidak mengganggu proses produksi utama PG Tasik Madu tersebut yaitu gula
3. Solusinya adalah
a. Memiliki modal yang cukup untuk membuat manajemen baru atau pabrik baru yang khusus menangani pupuk kompos.
b. Memberikan pelatihan yang cukup kepada Karyawan. Pelatihan ataupun Training akan meningkatkan pengetahuan dan kemampuan karyawan dalam bekerja
c. Memisahkan manajemen produksi utama mereka yaitu gula dan produksi pupuk kompos.
d. Mencari tenega-tenaga kerja atau SDM yang ahli, karena dengan memiliki tenaga kerja yang ahli hasil yang diinginkan pun tentu memuaskan.
e. Kenali dan gunakan teknologi yang sedang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
f. Jangan berhemat pada mesin dan peralatan kerja. Berikanlah karyawan mesin ataupun peralatan kerja yang tepat dalam melakukan pekerjaannya sehingga tugas yang dilakukan dapat dikerjakan secara efisien dan efektif.

Leave a Comment