Perencanaan dan Pengembangan Bisnis

Marketplace ialah perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya dalam bentuk website atau aplikasi online. Situs marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran. Akan tetapi pemilik marketplace tidak bertanggung jawab atas barang-barang yang dijual karena tugas mereka adalah menyediakan tempat bagi para penjual yang ingin berjualan dan membantu mereka untuk bertemu pelanggan dan melakukan transaksi dengan lebih simpel dan mudah.

Promotion Mix Jasa dengan Produk Rental Mobil, Bagaimana saudara Menyusun Kegiatannya, Jelaskan? Ada beberapa langkah untuk menyusun kegiatan untuk menyusun promotion mix Jasa dengan Produk Rental Mobil yang tepat menurut saya yaitu :
a. Pertama menentukan target market Segmen dari orang-orang yang memerlukan atau mendapatkan manfaat dari jasa atau produk Rental Mobil ialah target market. Dengan memahami perilaku dan sikap mereka akan membantu anda merancang pesan yang baik dan memilih cara yang terbaik dalam menjangkau mereka.
b. Mentukan sasaran Menentukan respon yang diinginkan dari target pasar seperti, memotivasi mereka untuk mengklik ke Website rental mobil atau Web ad.
c. Merancang pesanan Rancangan dari komunikasi menyertakan dua faktor utama yaitu: content and format. Content adalah kata-kata dan gambar yang anda gunakan untuk menarik target market. memberikan saran mengapa mereka harus merespon pesanan.
Sedangkan Format Masing-masing elemen dari bauran promosi memiliki kebutuhan format tersendiri. Misalnya Web advertising bergantung pada grafis, kejelasan dan warna, sementara personal selling melibatkan presentasi terstruktur, handouts untuk berinteraksi dengan konsumen potensialnya.
d. Memilih saluran promosi Dengan memilih metode terbaik untuk menyusun pesan dan mengekstraksi most value dari sumber daya finansial dan kreatif dapat menyusun sebuah program komunikasi pemasaran terintegrasi yang memperkuat karakter perusahaan di benak konsumen.
e. Menentukan anggaran Cara termudah dalam menentukan anggaran dalah mengestimasi berapa banyak yang dihabiskan oleh kompetitior dan menyamainya. Cara lain adalah dengan menyusun metode promosi yang diinginkan, lalu buat biaya aktual dari masing-masing saluran promosi tersebut, lalu susun sampai menemukan anggaran yang tepat .
f. Menentukan promotion mix Lalu waktunya memformulasikan promotion mix aktual. Metode umum untuk secara aktual menempatkan promotion mix secara tertulis adalah dengan persentase dari anggaran promosi secara keseluruhan.
g. Mengukur hasil dari program yang di implementasikan dan menyesuaikan jika dibutuhkan. Peningkatan sales akan menjadi patokan untuk mengukur masing-masing kendaraan promosi yang anda gunakan. Perlu untuk mengevaluasi promotion mix tidak hanyak untuk mengkoreksi kendaraan promosi yang tidak efektif namun juga untuk menyesuaikan untuk pertumbuhan.

Promotion Mix Jasa dengan Produk Rental Mobil, Bagaimana saudara Menyusun Kegiatannya, Jelaskan? Produsen ⇒ Pengecer ⇒ Konsumen
Menurut saya saluran distribusi yang paling tepat ialah saluran ditribusi ini karena pertama produk didistribusikan dari produsen melalui pengecer atau ritel (retailer) baru ke konsumen (principal–retailer– consumers)saluran distribusi model ini sudah banyak
diterapkan, terutama di sektor modern, produk dari principal masuk ke retailer melalui gudang khusus (distribution center) yang melayani beberapa titik penjualan retailer. Lalu produsen tidak melayani konsumen secara langsung, karena pembelian dari ritel ini dalam skala besar (partai besar), tapi juga tidak melayani grosir, karena dengan langsung ke pengecer, maka mata rantai distribusi menjadi sangat pendek. Mata rantai distribusi yang pendek memiliki banyak keuntungan, diantaranya adalah memudahkan monitoring pasar, produsen bisa mengetahui kondisi produknya dengan sangat cepat, dan mampu mengetahui profil konsumen dengan sangat cepat. Sebenarnya distribusi yang terbaik adalah seperti ini, yaitu go retailer, dan akan lebih baik lagi jika retailer adalah milik sendiri, atau banyak memiliki retailer sendiri.

Contoh Soal :
Saat ini bisnis hotel dan restauran mengalami slow down seiring dengan himbauan atau larangan keluar rumah bahkan keluar kota atau negeri. Apabila saudara sebagai manager hotel atau restauran, apa langkah yangakan suadara lakukan? Berikan argumen mengapa langkah tersebut menurut saudara penting? jawaban: saya menghormati keputusan pemerintah untuk mengurangi kegiatan diluar rumah, namun jika saya sebagai seorang manager restauran, saya akan tetap buka dikarenakan makanan adalah kebutuhan manusia sehari, pasti ada orang yang ingin membeli makanan secara praktis, tetapi kami tidak menerima sembarang orang. Sebab kami akan menyiapkan sensor suhu panas didepan restauran, jika konsumen terdeteksi terjangkit virus maka kami akan menyarankan konsumen tersebut untuk melakukan pembelian via online, dengan begitu akan mengurangi penyebaran kepada konsumen yang lain, tidak perlu khawatir pihak kami akan mengirim pesanan dengan package yang tertutup rapih agar tetap higienis sampai tujuan. Dan bagi konsumen yang sehat, kami telah menyiapkan hand sanitizer untuk mengurangi penyebaran virus, sehingga mengurangi konsumen untuk berinteraksi dengan alat yang ada dan tangan terhidar dari bakteri, dengan begitu akan membuat konsumen sedikit merasa aman dan nyaman berada di restauran.

Apa yang dimaksud dengan “manage your risk” dalam langkah-langkah mengembangkan rencana (developing the plan)? Manage your risk adalah suatu pendekatan terstruktur atau metodologi dalam mengelola ketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman suatu rangkaian aktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategi untuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan atau pengelolaan sumberdaya. Strategi yang dapat diambil antara lain adalah memindahkan risiko kepada pihak lain transfer risk, menghindari risiko avoid risk, mengurangi efek negatif risiko mitigate risk, dan menampung sebagian atau semua konsekuensi risiko tertentu accept risk. Manajemen risiko tradisional terfokus pada risiko-risiko yang timbul oleh penyebab fisik atau legal (seperti bencana alam atau kebakaran, kematian, serta tuntutan hukum).

About Is

Check Also

Bisnis dan Kewirausahaan

Apa itu bisnis? Apa itu kewirausahaan? Seperti yang kita ketahui bisnis adalah menjual barang atau …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *